Teori Kabel UTP

UTP digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lain melewati kabel hingga membentuk suatu jaringan. UTP mempunyai kepanjangan Unshielded Twisted Pair yang berarti kabel ini mempunyai selubung yang tipis. Sehingga UTP sangat mudah diterapkan dalam jarinagan.

Di dalam kabel UTP ada 8 kabel kecil yang berisi tembaga solid. UTP mempunyai jarak maksimum 100 meters (~300ft). UTP hanya digunakan di dalam ruangan atau indoor sedangkan outdoor dapat menggunakan STP. Setiap kabel UTP mempunyai kategori yang tersusun. Yang sekarang banyak dipakai adalah Cat 5e untuk kecepatan 100 mbps.

UTP mempunyai susunan Pin atau warna yang berbeda. Untuk sama divais (device) seperti Switch-Switch,Hub-Hub,PC-PC menggunakan susunan pin yang disilang atau cross. Sedangkan beda divais seperti PC-Hub, PC-Switch menggunakan cara pengkabelan straight (lurus).

Cross atau Straight Kabel , Bagaimana menggunkannya?

Lihatlah Diagram dibawah ini.

Catatan:

1. Untuk warna straight berwarna BIRU Sedangkan Cross Berwarna MERAH .

2. Untuk mengatasi masalah ini beberapa Vendor menyediakan UPLINK port pada Hubs atau Switches – Ini adalah desain spesial Untuk mengijinkan kita menggunakan STRAIGHT kabel Saat menghubungkan back-to-back Hubs atau Switches. Baca buku petunjuk manufaktur dengan hati-hati.

Susunan warna kabel UTP pada Konektor RJ-45.

Straight.

Cross.

Penomoran pin RJ-45

Sumber: http://www.zytrax.com/tech/layer_1/cables/tech_lan.htm

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    flYing said,

    Terima kasih atas infonya…. kalau untuk gigabit ethernet gmn?

  2. 2

    Dana said,

    terimakasih banyak atas informasinya.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan komentar